Tentang Kami

about.jpg

Berawal dari keprihatinan akan kondisi masyarakat muslim Indonesia yang saat ini kondisinya sangat merosot, baik dari segi akhlak maupun segi ekonomi. Hal tersebut berdampak pada menurunnya kemampuan masyarakat dalam berbagai hal, salah satunya dalam hal memenuhi kebutuhan akan kesehatan dengan biaya yang murah dan terjangkau. Karena hal tersebutlah, Alhamdulillah pada tanggal 18 September 2006 secara resmi didirikan Yayasan Ibadurrahman Jakarta, dengan Akte Notaris Eko Putranto, SH No. 4./ 2006. Yayasan Ibadurrahman Jakarta terdiri dari beberapa divisi seperti Divisi Kesejahteraan Masyarakat, Divisi Syiar Da’wah, Divisi Pendidikan, dan Divisi Ekonomi. Pada Divisi Kesejahteraan Masyarakat inilah kami mendirikan Balai Kesehatan Masyarakat berupa klinik dengan nama Klinik Keluarga Sehat Madani (KSM).

Klinik Sehat Madani meluncurkan suatu program dengan nama Program Dokter Keluarga Pra Sejahtra (DKPS) yang bertujuan untuk memberikan jasa pelayanan kesehatan yang murah dan terjangkau oleh masyarakat kurang mampu (dhuafa) dan berupaya mengentaskan masalah kesehatan dilingkungan masyarakat pra-sejahtera.

Klinik berbentuk Dokter Keluarga bagi Keluarga Pra Sejahtera dengan mengacu pada pelayanan dokter keluarga dimaksud sebagai salah satu penyelesaian dari konflik permasalahan kesehatan masyarakat miskin yang mengalami kendala biaya kesehatan yang mahal, menyadarkan bahwa tidaklah cukup dengan pelayanan keliling namun haruslah ada kesinambungan agar pro poor health program dapat realitis serta nyata hasilnya.

Klinik Sehat Madani melayani Pasien Umum dan Pasien Mitra. Yang dimaksud Pasien Umum yaitu pasien yang mampu secara ekonomi dan Pasien Mitra adalah pasien yang tidak mampu secara ekonomi (dhuafa) dan menggunakan sistem kepesertaan yang kepesertaannya dilakukan dengan cara survey dan wawancara, dimana hal ini dilakukan untuk menjaga amanah donasi masyarakat . Bagi pasien umum yang berobat akan dikenakan biaya sesuai dengan harga pada umumnya, sedangkan bagi pasien mitra hanya dikenakan biaya sebesar Rp 6.000,00 (enam ribu rupiah), dimana biaya tersebut sudah termasuk Jasa Dokter, Obat dan administrasi Klinik. Untuk pasien mitra, segala biaya pengobatan dan dokter akan disubsidi oleh para donatur Yayasan Ibadurrahman seperti Badan Amal Zakat Nasional (Baznas), perorangan maupun Instansi. Dan untuk waktu kedepan, kami harapkan donatur KSM semakin banyak, sehingga kepesertaan Pasien Mitra juga semakin banyak jumlahnya.

TUJUAN KSM

  • Memberikan jasa pelayanan kesehatan yang murah dan mudah dijangkau masyarakat pra-sejahtera
  • Membangun ketahanan kesehatan yang menyeluruh (holistik) dan berkesinambungan sebagai tindakan preventif
  • Menjaga dan memelihara lingkungan masyarakat agar tetap sehat
  • Membentuk praktek dokter keluarga yang profesional dan amanah
  • Membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat
  • Termotivasinya masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat

VISI

Menjadi pelopor dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang peduli terhadap kesehatan menuju terwujudnya Lingkungan Sehat.

MISI

  • Menggerakkan pembangunan nasional berwawasan kesehatan
  • Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat
  • Memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata & terjangkau
  • Memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, & masyarakat termasuk lingkungannya

JENIS PELAYANAN
Pelayanan Dalam Gedung :

  • Pelayanan Rawat Jalan
  • Pelayanan Pengobatan Umum & Poli Gigi
  • Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
  • Pelayanan Keluarga & Masyarakat Sehat (KB)
  • Pelayanan Konsultasi via Telepon

Pelayanan Luar Gedung :

  • Pos Kesehatan Keliling
  • Health Services for Disaster (Sigap Bencana)
  • Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil dan Balita
  • Posyandu Remaja
  • Konsep Daerah Binaan
  • Penyuluhan, dan sebagainya
  • Rujukan Berobat di Rumah Sehat Masjid Sunda Kelapa (RSMSK)

STRUKTUR PROGRAM

Pembina :

Dr. Amir Faishol Fath, M.A
Ustadz Maslichan Noordin, S.pd
(Detail)

Koordinator Harian : H. Adi P Gunawan, S.E., Ak.

Koordinator Keuangan : H. Adi P Gunawan, S.E., Ak.

Keuangan dan Administrasi : Luqman Hakim

Pelaksana Lapangan :

  • Siti Mariyanti ( penanggung jawab )
  • Muhammad Taufik
  • Marali

Dokter Penanggung Jawab : Dokter Puji Rahayu

Dokter Jaga :

  • Dokter Desky Rachnindar
  • Dokter Abdul Kholib
  • Dokter Tita
  • Dokter Dinar

Status Pasien (Update 30 Nopember 2010)

Jumlah Pasien Mitra sampai hari ini : 134 Kepala Keluarga (425 pasien)

Donasi Anda sangat berharga
bagi mereka yang membutuhkan pelayanan

kesehatan berkualitas
dengan harga yang terjangkau

Salurkan bantuan/donasi anda ke
Rekening 9137478499

Bank Muamalat Cabang Depok
Atas nama Adi Pramono Gunawan

 

FOTO KSM CREW’S

ksm-rame

%d blogger menyukai ini: