Lima Makanan ‘Wajib’ Bagi Wanita

Sembarangan mengonsumsi makanan bisa membuat pencernaan jadi terganggu dan tubuh semakin gemuk. Selektif dan berhati-hatilah saat memilih makanan untuk dikonsumsi. Apalagi bagi wanita yang selalu mendambakan tubuh ramping ideal.

Agar tak salah memilih makanan, berikut makanan wajib yang harus dimasukkan dalam daftar diet Anda, seperti dikutip dari laman Times of India.

Sayuran
Melakukan diet tanpa mengonsumsi sayuran, rasanya ada gizi yang tertinggal. Coba masukkan bayam, asparagus, selada, serta brokoli . Sayuran ini mengandung banyak serat, vitamin C dan K, serta asam folat. Sayur juga berperan sebagai pelindung tubuh dan menyediakan empat mineral penting, yaitu kalsium, magnesium, besi dan potasium.

Butir Gandum
Seluruh butir gandum memiliki lebih banyak serat hingga 96 persen. Serta nutrisi penting dan vitamin yang berasal dari butir halusnya. Ahli diet Honey Shah menyatakan, “Saya menyarankan klien saya untuk mengonsumsi roti gandum, pasta gandum, dan beras merah.”

Menurutnya, gandum mengandung nutrisi penting dan tidak menyebabkan peningkatan berat badan. “Anda dapat memulai hari dengan sereal gandum atau roti gandum yang disajikan sebagai roti panggang.”

Kacang-kacangan
Menambahkan kacang dalam menu diet adalah keputusan yang tepat. Sebagai sumber protein, magnesium serta vitamin B dan E, kacang sangat berguna memerangi penyakit jantung dan kanker. Kacang-kacangan tinggi kalori lemak, tetapi jenis lemak yang baik untuk jantung sehat.

Taburkan pada salad atau sereal sarapan, bisa juga aduk bersama yogurt. Anda juga dapat mengonsumsi kacang sebagai kudapan sore. Seperempat cangkir atau sekitar 15-20 almond, kacang mete, kenari cukup baik dikonsumsi seminggu.

Yogurt
Yogurt rendah lemak atau polos merupakan sumber vitamin, protein dan kalsium. Ia juga memiliki bakteri sehat yang dapat memerangi penyakit. “Tiga sampai empat cangkir seminggu cukup baik untuk diet Anda. Tapi pastikan Anda tidak menambahkan gula. Sebaiknya pilih yogurt polos dan menambahkan buah ataupun sayuran ke dalamnya,” kata ahli gizi Pinky.

Buah berry
Alasan buah berry masuk kedalam bagian diet sehat karena memiliki serat dan juga membantu menekan berat badan. Buah berry memiliki antioksidan lebih protektif dari hampir semua makanan lainnya. Antioksidan ini tidak hanya menghalau Anda dari penyakit, tetapi juga membantu mencegah hilangnya memori. Anda dapat menyiapkan semangkuk penuh buah berry tiga kali seminggu. Buah berry bisa dikonsumsi dalam kondisi segar atau beku.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: