Cegah Kanker dengan Sayur

Penyakit kanker hingga kini masih jadi momok yang menakutkan banyak orang. Meski demikian, banyak orang yakin sesungguhnya kanker dapat dicegah. Menurut metode ala timur, dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kita bisa melawan sel-sel kanker yang menyerang.

Berbekal keyakinan tersebut, seorang penderita kanker getah bening dari Semarang, Cahyaning Puji Astuti, berusaha melawan penyakit yang menggerogoti tubuhnya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Naning ini aktif menularkan semangat dan resepnya untuk melawan kanker. Ia juga menjadi Ketua Cancer Information and Support Center (CISC) Semarang.

Melalui forum-forum sederhana yang diselenggarakan oleh CISC Semarang bekerja sama dengan berbagai pihak, Naning selalu terlibat untuk menularkan informasi-informasi penting terkait kanker, termasuk manfaat sayur sebagai pencegah kanker.

“Buah-buahan dan sayuran sebenarnya jauh lebih hebat untuk m encegah penyakit kanker dibandingkan dengan vitamin, namun perlu diketahui bahwa tidak semua sayur dan buah merupakan antikanker,” kata ibu dua anak tersebut.

Menurut dia, setidaknya ada sekitar 11 sayuran yang telah terbukti efektif sebagai antikanker, di antaranya kubis, bawang putih, bawang bombay, kedelai, kunyit, teh hijau, tomat, jeruk, cokelat, dan buah-buahan beri dan stroberi.

Namun, kata dia, meskipun buah dan sayuran itu berkhasiat sebagai antikanker, tetap diperlukan kewaspadaan dan pemahaman terhadap zat-zat yang terkandung dalam sayuran tersebut, termasuk memerhatikan proses pengolahannya.

Kubis merupakan musuh utama kanker, baik kubis hijau, kubis putih, brokoli, bunga kol, selada air, maupun kol ungu. “Bahkan, khasiat kubis sudah dikenal sejak zaman Hipokrates sekitar tahun 460-377 sebelum Masehi,” katanya.

Kompas.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: