KHASIAT BAWANG PUTIH

Bawang putih merupakan tanaman rumpun, berumbi yang sebenarnya adalah batang yang mengembung di dalam tanah. Aromanya sangat tajam bahkan mungkin kurang sedap. Sampai – sampai Rasulullah mencegah orang yang sehabis makan bawang putih untuk tidak segara ke masjid hingga baunya hilang.

Sejak zaman dahulu bawang putih dikenal di dalam kitab – kitab pengobatan sebagai zat anti bodi yang sangat bagus. Disebutkan di dalam kitab “Jam’ul Jawami’ karya Imam As-Suyuti jilid 1 hal. 6728 dari riwayat Ali bin Abi Thalib, beliau berkata, “makanlah bawang putih dan berobatlah dengannya, karena sesungguhnya didalamnya terdapat obat dari tujuh puluh macam penyakit. (HR. Ad Dailamy).

Bawang putih yang dimasak maupun dipanggang, bermanfaat sekali untuk meredakan sakit gigi dan berkumur – kumur dengan air masakannya akan berkhasiat menjernihkan tenggorokan, termasuk penyakit – penyakit di rongga dada seperti batuk yang kronis maupun salesma. Bawang putih juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara mengkonsumsinya setiap hari sebelum sarapan pagi selama kurang lebih empat minggu berturut – turut.

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan berkhasiat menguatkan tubuh dari serangan – serangan wabah penyakit, menghambat pertumbuhan sel – sel kanker ataupun tumor dan mencegah anak – anak dari kelumpuhan. Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir cacing pita, dengan cara : kupas bawang putih beserta kulit luarnya, rebus dengan sedikit air selama kurang lebih 20 menit, setelah dingin diminum sebelum sarapan pagi dan jangan makan makanan apapun selama selang waktu menjelang tengah hari.

Beberapa khasiat yang lain :

Sebagai penggerak dalam meningkatkan peredaran darah tubuh secara umum.

Melancarkan air seni

Sebagai zat anti toksin dari berbagai bakteri penyakit

Menjaga stamina

Mengatasi perut kembung

Menguatkan imunitas

Menguatkan otot

Menghancurkan batu ginjal

Menangkal racun serangga.

Sumber : Alij Nafsaka bil Asyabi wan Nabati, Syaikh Muhammad Ash Shayim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: